Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama di Blogger

Definisi laman sendiri dalam bahasa indonesia memiliki arti "Halaman Depan" atau "Halaman Muka" yang bisa mengacu pada halaman depan buku, situs web dan lain sebagainya. Laman disebut juga halaman beranda, halaman utama, halaman awal atau dalam bahasa inggris sering disebut Front Page dari sebuah situs web yang dirancang sebagai titik fokus pusat. (Sumber : Wikipedia)

Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama di Blogger
Beberapa hari ini saya sering melihat sobat blogger di grup facebook yang kebingungan tentang cara mengatur jumlah postingan pada homepage atau halaman utama blogger. Jumlah postingan pada halaman utama memang mempengaruhi kerapian dan juga kecepatan loading blog. Bagaimana tidak, jika postingan pada homepage atau halaman pertama blog kita terlalu banyak tentu kurang enak dipandang dan hal ini membuat loading blog kita menjadi lebih lambat karena blog memuat banyak sekali postingan. Namun, jika kita menampilkan terlalu sedikit juga kurang baik. Karena walaupun hal ini membuat loading blog menjadi lebih cepat, pengunjung agak kesulitan melihat postingan kita. Nah, maka dari itu kita harus mengatur jumlah postingan blog yang ideal bagi blog kita.

Pada kesempatan kali ini saya tidak hanya membagikan cara mengatur jumlah postingan pada halaman utama saja, namun juga mengatur jumlah postingan pada halaman berikutnya (next page) di Blogger. Mari kita menuju ke tutorialnya.

Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Depan (Homepage)

Untuk mengatur jumlah postingan pada beranda, terdapat dua cara.

Cara Pertama :

  1. Masuk ke dasbor blogger
  2. Pergi ke menu Tata Letak
  3. Klik Edit pada Gadget Posting Blog 
  4. Klik Edit pada Gadget Posting Blog
  5. Pada Jumlah Postingan di Halaman Utama isi dengan jumlah postingan yang akan ditampilkan pada homepage blog sobat. Semisal sobat ingin menampilkan 5 postingan, silahkan isi dengan angka 5. Dan lain sebagainya
  6. Atur Jumlah Postingan pada Homepage
  7. Jika sudah selesai, klik Simpan

Cara Kedua :

  1. Masuk ke dasbor blogger
  2. Pergi ke menu Setelan. Lalu pilih "Pos, Komentar dan Berbagi"
  3. Pergi ke menu Setelan, lalu pilih Pos, Komentar dan Berbagi
  4. Pada kotak di POS tepatnya di sebelah Tampilkan Sebanyak Mungkin silahkan isi dengan jumlah postingan yang akan ditampilkan di halaman depan blog sobat
  5. Atur Jumlah Postingan pada Homepage
  6. Jika sudah selesai, klik Simpan Setelan
Cukup mudah bukan? Sekarang mari kita menuju ke tutorial cara mengatur jumlah postingan pada halaman selanjutnya di blogger.

Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Selanjutnya (Next Page)

  1. Masuk ke dasbor blogger
  2. Pilih menu Template. Lalu klik Edit HTML
  3. Tekan ctrl+F lalu cari kode "var postperpage=" atau jika tidak ketemu cari kode "var pageCount="
  4. Silahkan ubah angka setelah tanda sama dengan dengan jumlah postingan yang akan ditampilkan di halaman berikutnya. Semisal sobat ingin menampilkan 10 postingan, silahkan ubah menjadi var postperpage=10 dan lain sebagainya.
  5. Jika sudah selesai, klik simpan
Mungkin sobat tidak menemukan kode diatas? Hal ini disebabkan karena struktur tiap template berbeda. Jika kode diatas tidak work, silahkan cari kode yang lain. Namun pada umumnya, tiap template otomatis menyamakan jumlah postingan pada halaman berikutnya dengan halaman utama. Jadi, coba atur jumlah postingan pada halaman pertama blog sobat. Terima kasih.
Sekian dulu tutorial dari saya kali ini.
Semoga Bermanfaat.Referensi