Cara Mengubah Menghapus Menu dan Submenu Dropdown Blogger Template



Assalamualaikum Wr.Wb
Postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengganti Menu dan Submenu yang berada pada template blogger khususnya template Insight SORA Template. Namun, jangan khawatir karena settingan untuk semua template jika di edit html hamper sama semua jadi bias juga diterapkan untuk template lainnya. Mengganti nama menu bar, sub menu dan menu dropdown kadang membuat kita bingung untuk menggantinya dengan selera blog kita, karena nama tersebut sudah asli diberikan template yang kita pasang di blog kita.
Mengganti nama menu bar diblog memang harus melalui kode html tempate tersebut secara langsung. Tutorial seperti ini di google, tapi dalam penerapanya saya bingung karena harus copy script lalu paste copy script lalu, agak rumit sebelumnya bila kita masih dalam proses belajar otak atik sendiri. Kali ini saya akan membuat sebuah cara yang tidak bisa dibilang tidak ribet walaupun sebenarnya tidak terlalu sulit kalau kita tahu dasar-dasar dari kode html. Berikut adalah tutorial cara mengganti nama menu bar di blog.

1.  Pertama, masuk ke akun blogger Anda atau klik www.blogger.com
2.  Lalu bukalah dashbor blog anda dan pilih Template
           


3. Download template sobat dulu biar bila terjadi kesalahan atau menggantinya kembali tinggal unggah templatenya kembali pada menu yang sama. klik cadangkan/pulihkan lalu unduh template lengkap

4.  Pilih dan klik Edit HTML



5. Setelah itu klik tulisan "Lompat ke Widget" dan pilih header 1 seperti gambar berikut :


6. Cari kode seperti gambar berikut atau tekan ctrl + F dan ketikkan <home atau </header>



7. Setelah anda akan menemukaan kode seperti diatas, Tulisan kode pagar (#) Gantilah dengan alamat link/url Anda dan Label ganti dengan nama menu bar Anda dengan menghapus dan memberi nama sesuai selera pada menu 1, menu 2, menu 3 dan seterusnya. Untuk menu drop down, bila anda tidak ingin menggunakannya boleh dihapus atau diganti.

8. Jika sudah klik Simpan Template dan lihat hasilnya.

Nah itulah salah satu cara untuk mengganti ataupun menambahkan menu atau sub menu pada blog, terutama di blogger. Mohon perhatikan langkahnya baik-baik jika anda ingin berhasil karena cara ini sudah berungkali saya coba pada blog saya dan lancar dan terbukti berhasil. Sekian dulu untuk postingan kali ini semoga bermanfaat bagi sobat semua yang ingin memulai menggeluti dunia blogging. Jangan lupa tinggalkan komentar ataupun kritik dan saran demi berkembangnya blog ini. Terimakasih dan Selamat mencoba.

 Catatan :
Setiap template beda susunan widget nya, anda tinggal cari tulisan yang ada di menu bar di kode html dan ganti dengan menu anda.